GEMPA JEPANG BERPOTENSI TSUNAMI

loading...
Gempa Jepang kembali terjadi. Gempa ini terjadi pada Selasa, 22/11 pada pagi hari waktu setempat. Gempa besar ini terjadi di lautan. Sehingga akan memicu terjadinya tsunami. Perlu diketahui, tsunami terjadi karena pusat gempa berada di lautan atau di dasar laut.


Gempa yang berkekuatan 7,3 SR itu melanda jepang bagian utara, tepatnya di pulau Honshu. Menurut Badan Meteorologi Jepang mengungkapkan, gempa bumi itu  mengakibatkan tsunami dan terjadi di pantai utara Pasifik.

Gempa Jepang juga terasa di Tokyo. Pusat gempa berpusat  pantai prefektur Fukushima dan berada pada kedalaman 10 kilometer. Pihak Pemerintah negara Jepang  telah memberi peringatan tsunami hingga tingginya tiga meter.

Menurut Kantor Berita Kyodo mengungkapkan, ada seseorang perempuan yang menderita luka di kepala yang diakibatkan gempa. Dalam tayangan televisi menunjukkan banyak kapal-kapal yang bergerak ke arah laut dari Pelabuhan Fukushima setelah ada sinyal peringatan tsunami di keluarkan.Di Jepang memang sering terjadi Gempa bumi. Jepang merupakan  daerah yang mempunyai  aktivitas seismik paling aktif yang ada di dunia. Jepang telah menyumbang sedikitnya 20 persen dari gempa bumi yang ada di dunia.
Gempa Jepang Berpotensi Tsunami
Gempa Jepang Berpotensi Tsunami

Seperti kita ketahui bersama, pada tanggal  11 Maret 2011, Jepang diguncang  gempa berkekuatan 9 SR. Gempa itu diklaim sebagai gempa paling kuat yang pernah terjadi sepanjang sejarah. Tsunami yang terjadi karena  dipicu gempa, dapat menyebabkan adanya krisis nuklir paling buruk di dunia.

WAJIB BACA
loading...