POLISI INDONESIA GELAR OPERASI ZEBRA SERENTAK

loading...
Setiap tahun, Polisi Indonesia Gelar Operasi Zebra Serentak. Operasi zebra ini tujuannya untuk menekan angka pelanggarana lalu lintas. Dengan digelarnya operasi zebra ini, diharapkan para pengguna jalan raya bisa lebih tertib dan disiplin dalam berkendara.

Bagi Anda pengendara kendaraan bermotor sebaiknya segera mengecek kelengkapan berkendara Anda. Jika anda melanggar, anda sudah harus bersiap-siap untuk kena Operasi Zebra Serentak. 

Polri akan menggelar operasi ini selama 14 hari secara serentak se-Indonesia. Bahkan, Polda Jawa Timur, Polda Kalimantan Tengah sudah mengumumkan secara resmi rencana operasi bersandi “Zebra” ini. Seperti yang di kutip berbagai  media.

Sebelumnya, beberapa hari terakhir ini telah beredar pula pengumuman Operasi Zebra oleh Polri yang akan digelar pada tanggal 16 sampai dengan 29 Nopember 2016, melalui aplikasi pesan instan WhatsApp, BlackBerry Mesengger, Line. Salah satu contohnya yakni:

“Kepada Rekan2 semua sebagai Informasi bahwa pada tgl.16 s/d 29 Nopember 2016 Akan dilaksanakan Operasi Zebra, yang belum punya Sim,Stnk mati agar segera di urus & dilengkapi kendaraannya termasuk Spion.tlg dibantu Share kepada seluruh keluarga dmn berada karna serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.Semoga Bermanfaat.,”

Itulah pesan berantai yang beredar melalui sosial media. Dengan semakin mudahnya akses informasi, para Polisi yang menggelar Operasi Zebra berharap supaya semua masyarakat bisa mematuhinya.

Lalu siapa saja sasaran dalam Operasi Zebra Serentak ini?

Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengatakan operasi mulai digelar tanggal 16 November hingga 29 November 2016. Tidak hanya di jalan protokol wilayah hukum Polda Metro Jaya, petugas juga nantinya akan menyisir hingga ruas tol dalam kota.


Selama kurun waktu itu, akan dilaksanakan razia untuk mengecek identitas pengemudi dan surat-surat kelengkapan berkendara, seperti SIM dan STNK," tutur Budiyanto saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (11/11/2016).

Tidak hanya kendaraan pribadi, pengemudi angkutan umum juga akan diperiksa terkait berkas kelengkapan berkendara. Terlebih, mereka juga suka kedapatan seenaknya mengambil penumpang dan menyebabkan kemacetan.

Polisi Indonesia Gelar Operasi Zebra Serentak
Polisi Indonesia Gelar Operasi Zebra Serentak
"Sasaran operasi ya segala bentuk pelanggaran lalu lintas. Seperti melawan arus, tidak mengenakan helm, menurunkan dan menaikkan penumpang tidak pada tempatnya, menerobos busway, pelanggaran rambu-rambu dan lainnya," jelas Budiyanto.

Itulah informasi seputar Polisi Indonesia Gelar Operasi Zebra Serentak. Semoga dengan informasi ini, kita bisa lebih disiplin dan tertib dalam berlalu lintas. 

WAJIB BACA
loading...