SUYADI, SOSOK DIBALIK TERCIPTANYA SI UNYIL, INILAH KISAH DIBALIK KEHIDUPANNYA

loading...
Banyak sebagian dari kita yang belum mengenal dari Suyadi. Namun kita sudah sangat akrab dengan si Unyil. Ya, karakter yang terdiri dari Unyi, Pak Ogah dan kawan-kawannya ini sangat kental terdengar di telinga kita.

Suyadi hari ini juga mendapatkan penghargaan dari Google. Google menghadirkan Google Doodle untuk memperingati hari lahirnya Suyadi yang ke 84. Suyadi sangat akrab dipanggil dengan nama Pak Raden. 

Suyadi merupakan seniman yang sangat berpengaruh di Indonesia. Dialah yang menciptakan karakter si unyil bersama teman-teman lainnya.  Dia  merupakan anak ketujuh dari sembilan bersaudara. Sosok Pak Raden sangat terkenal dengan aksesoris khasnya. Dia selalu  mengenakan beskap hitam, blangkon, kumis tebal palsu, dan juga  tongkat kayu.

Semenjak masa  kecil,  Drs. Suyadi atau yang biasa  akrab disapa Pak Raden  hobi dalam menggambar dengan menggunakan arang atau kapur dihalaman rumahnya. Di dalam dunia menggambar, dia merasa menemukan dunianya. Sehingga bisa ditemui  tembok rumahnya dipenuhi dengan gambar yang dibuat oleh Suyadi atau akrab disapa Pak Raden.

Drs. Suyadi terlahir di Puger, Jember Jawa Timur pada 28 November 1932. Dia  adalah pencipta karakter si unyil. Awalnya  tujuan Suyadi menciptakan karakter ini adalah hanya  untuk memberi acara yang mendidik anak anak pada era 1980-an. Suyadi juga merupakan lulusan seni rupa Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1952-1960. Seterlah itu Suyadi  melanjutkan study animasi ke Perancis pada 1961 sampai 1963.

Di dalam kampus ITB inilah bakatnya di  dalam dunia menggambar semakin terasah dan dia juga semakin mencintai dunia seni. Di kampusnya itu, dia banyak menghasilkan karya berupa buku cerita bergambar yang diperuntuhkan untuk anak-anak. Dia berperan sebagai ilustrator dan juga penulis ceritanya. Selain itu dia juga membuat film pendek animasi yang juga untuk anak-anak.

Mskipun terkenal menciptakan tokoh si Unyil, Suyadi juga pernah didaulat oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk menjadi ilustrator buku pelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar.

Dunia Seni memang sudah menjadi darah daging dalam hidupnya. Sehingga Suyadi juga telah menciptakan beberapa karya buku yakni “Petruk Jadi Raja”, “Gerhana The Eclipse”, dan juga  Golden “Cucumber”.

Suyadi alias Pak Raden
Foto Suyadi alias Pak Raden bersama karakter si Unyil


Namun kini akhirnya, sang pencipta tokoh  unyil ini menghembuskan nafas terakhirnya  di Jakarta pada 30 Oktober 2015 di usia yang ke 82 tahun.

Sampai saat ini, Si Unyil sudah menjadi tontonan akrab untuk masyarakat Indonesia. Apalagi kini ada tontonan di televisi swasta nasional yang berjudul "Laptop Si Unyil". Sehingga wajar jika Google Indonesia memberikan apresiasi atas jasa-jasanya lewat Google Doodle memperingati hari lahir Suyadi.


WAJIB BACA
loading...