ACEH KEMBALI DIGUNCANG GEMPA, INILAH PENYEBABNYA

loading...
Kawasan Indoensia kini kembali diguncang gempa. Kali ini ujung Indonesia sebeleah barat, tepatnya di Provinsi Nanggroe Aceh Darusasalam (NAD). Gempa yang terjadi pda Rabu (07/12/2016) ini berkekuatan 6,4 skala richter (SR). Gempa ini terjadi pada dini hari, tepatnya pukul 05:00 WIB.

Pusat gempa berada di sekitar 18 kilometer timur laut Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Tepatnya berada di 5,25 LU dan 96,24 BT, berada  di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km.

Dari hasil analisis peta tingkat guncangan menunjukkan bahwa dampak yang diakibatkan oleh  gempa bumi berupa guncangan kuat yang terjadi di daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan juga  Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI).

Menurut Kepala Bagian Humas BMKG,  Hary Tirto Djatmiko mengatakan untuk sementara ini belum dapat  dilaporkan ada korban jiwa yang diakibatkan oleh  gempa tersebut. Adapun korban luka, menurut dia, baru tercatat satu orang saja. www.harianviral.com

Meski demikian, banyak sejumlah kerugian material yang diakibatkan oleh gempa ini. Sejumlah Rumah roboh akibat kejadian gempa tersebut. Selain itu, juga banyak tiang listrik yang roboh.

"10 ruko (rumah toko) roboh, beberapa tiang listrik roboh, empat rumah roboh di Jalan Desa RB," ucap Hary.

ACEH KEMBALI DIGUNCANG GEMPA, INILAH PENYEBABNYA
Foto akibat gempa Aceh (07/12/2016) - Sumber: Kiriman group telegram


Dia juga mengungkapkan kalau gempa yang paling kuat dirasakan sekitar 15 detik dan terjadi di Pidie Jaya. "Dan 10 detik di Pidie, info lain masih dalam pendataan," katanya. 




WAJIB BACA
loading...