ASTAGFIRULLAH, INILAH POSISI TIDUR YANG DILAKNAT ALLAH SWT, NAMUN SERING DILAKUKAN ORANG

Setiap manusia membutuhkan tidur untuk mengistirahatkan tubuh. Tubuh akan kembali segar setelah bangun dari tidur. Rata-rata manusia mengahbiskan tidur selama delapan jam sehari.

Meski tidur terlihat sepele, namu aturan dan adab dalam tidur pun juga ada aturannya. Rasulullah SAW menganjurkan semua umatnya untuk menghadap ke kanan saat tidur. Posisi tidur menghadap ke kanan bukan hanya sekedar sunnah, tapi ternyata juga memiliki khasiat jika dikaji secara mendalam.

Meski ada posisi tidur yang dianjurkan, ternyata juga ada posisi tidur yang sangat dimurkai oleh Allah SWT. Tak hanya sampai disitu, posisi tidur seperti ini ternyata juga termasuk ciri-ciri penghuni neraka.

Bagaimana dan seperti apa posisi tidur yang dilarang tersebut? Inilah penjelasannya.

Ternyata posisi tidur yang dimurkai adalah posisi tidur dengan posisi tengkurap. Hal tersebut  dijelaskan oleh Rasulullah SAW di dalam hadistnya. Ketika itu Beliau mendatangi sebuah masjid. Kemudian dia melihat seorang yang tinggal di dalam masjid Nabawi sedang tidur tengkurap. Kisah ini  diriwayatkan oleh Thakhfah Al-Ghifari RA.

Salah seorang yang tinggal di masjid Nabawi tersebut berkata: “Aku tidur di masjid pada akhir malam, kemudian ada orang yang mendatangiku sedangkan aku tidur dengan posisi tengkurap. Laluberkata:

“Bangunlah dari tengkurapmu, karena tidur yang demikian adalah tidurnya orang-orang yang dimurkai Allah.” Kemudian aku angkat kepalaku, maka ketika kulihat ia adalah Rasulullah SAW, maka akupun kemudian bangkit.” [HR. Bukhari]

Allah SWT dan Rasulnya tentu saja tidak akan melarang sesuatu jika sesuatu tersebut tidak membahayakan bagi manusia. Menurut medis, posisi tengkurap ternyata dapat membahayakan bagi kesehatan. Maka dari itu, posisi ini sangat dimurkai.

“Tidaklah Allah memerintahkan sesuatu kecuali padanya terdapat berbagai mashlahat yang tidak bisa diketahui secara menyeluruh” [Risaalah fiil Qowaaidil fiqhiyah hal. 41, Maktabah Adwa’us salaf)

ASTAGFIRULLAH, INILAH POSISI TIDUR YANG DILAKNAT ALLAH SWT, NAMUN SERING DILAKUKAN ORANG


Dalam ilmu kedokteran modern, posisi tengkurap dapat mengganggu pernapasan. Hal ini dikarenakan otot dan organ pernafasan tidak akan bekerja dengan baik karena terhimpit. Dengan posisi tersebut, dada akan menjadi tertekan dan nafas pun akan menjadi sulit.

Untuk itulah, sudah saatnya kita menjauhi semua hal yang dilarang oleh Allah SWT. Karena sejatinya apa yang dilarang adalah apa yang tidak baik buat hambanya.